Kamis, 19 November 2009

PERILAKU KONSUMEN

MOTIVASI
Proses Motivasi pada perilaku konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Dalam kehidupan ini setiap manusia memiliki kebutuhan untuk bertahan hidup.Kebutuhan itu sendiri di bagi 3 yaitu:kebutuhan primer,kebutuhan sekunder,dan kebutuhan tertier,tentu saja setiap manusia pada awalnya harus dapat memenuhi kebutuhan primer tersebut,karena itu merupakan kebutuhan pokok aetiap manusia.Dalam implementasinya pada kehidupan sehari-hari setiap manusia memiliki apa yang disebut motivasi atau dorongan yang kuat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari atau dalam memenuhi kepuasan untuk memiliki suatu kebutuhan yang diinginkannya.Setelah setiap manusia memenuhi kebutuhan pokoknya,timbul suatu keinginan dari setiap manusia untuk memiliki sesuatu hal yang menurut mereka,barang ataupun kebutuhan tersebut dapat memenuhi kepuasan mereka,ini lebih di sebabkan oleh bertambahnya tingkat ekonomi manusia.Dengan hal ini terjadilah apa yang dinamakan sebagai proses motivasi pada perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Manusia juga tidak akan pernah puas,karena sifatnya ini manusia akan selalu mencari jalan keluar untuk memenuhi kebutuhannya yang belum terpenuhi.Adapun motivasi konsumen ini bertujuan untuk:meningkatkan kepuasan konsumen,memepertahankan kualitas,efisiensi,efektivitas,dan menciptakan hubungan yang harmonis antara produsen dan konsumen itu sendiri.Adapun motivasi produsen untuk membangun kepuasan konsumen,diantaranya:mengetahui nilai yang didapat konsumen,meningkatkan penawaran yakni dengan cara:meningkatkan tata nilai konsumen,menurunkan biaya non moneter,dan menurunkan biaya moneter.Tingkat kepuasan konsumen dapat diukur dengan mengetahui respon konsumen seperti:jika,kinerja > harapan,maka konsumen sangat puas.jika,kinerja = harapan,maka konsumen puas dan jika,kinerja < harapan,maka konsumen kecewa.Produsen juga dapat mengetahui apa yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian seperti:pengalaman pembelian dari konsumen,janji serta informasi dari pemasar dan pesaing.Strategi untuk melacak kepuasan konsumen adalah dari suara konsumen,survey kepuasan,belanja siluman serta analisa kehilangan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar